Minggu, 31 Juli 2016

Cara Menjaga Relasi Serasi Dengan Rekan Kerja

Menjaga hubungan yang baik dengan rekan kerja - Hubungan yang serasi ditempat kerja dipengaruhi oleh bagaimana anda menjaga hubungan dengan rekan - rekan kerja anda. Membangun hubungan yang baik dengan rekan kerja akan membuat suasana kerja lebih nyaman dan harmonis. Anda bekerja sebagai tim bukan kerja sendiri jadi pastikan untuk membangun hubungan dalam pekerjaan menjadi lebih solid, alasannya yakni kesuksesan anda dalam karier pekerjaan tidak hanya dipengaruhi skill atau kemampuan anda saja, tetapi juga dipengaruhi oleh rekan kerja anda.

Menjaga hubungan yang baik dengan rekan kerja Cara Menjaga Hubungan Harmonis Dengan Rekan Kerja
Image source: Partneremployment.com
Menciptakan suasana kerja lebih aman dan nyaman yakni bagaimana anda memperlakukan orang orang yang bekerja didalamnya bukan hanya sebagai partner,atasan, bawahan tetapi juga sebagai keluarga. nah bagaimana membangun hubungan yang lebih serasi dengan rekan - rekan kerja anda, berikut tipsnya:

Perlakukan rekan kerja sebagai sahabat
Tidak peduli rekan kerja anda merupakan bawahan ataau atasan buat mereka sebagai sahabat anda diluar kerja atau di dalam lingkungan kerja, yang terpenting yakni bisa menempatkan diri dan mengerti batasan - batasan anda di antara mereka sebagai bawahan atau atasan sesuai tuntutan pekerjaan. Hormati dan hargai mereka layaknya seorang sahabat.

Saling membantu
Saling membantu dalam pekerjaan akan menumbuhkan semangat dan motivasi anda dan rekan kerja untuk bekerja lebih baik. Selain itu saling membantu akan membuat pekerjaan berat terasa ringan.

Jangan merasa sok
Kebanyakan orang yang telah berpengalaman akan lebih "sok pintar", "sok tahu" dsb sehingga kebanyakan mereka akan meminta untuk dihormati dan dihargai. Rekan rekan kerja anda akan menghargai dan menghormati anda bukan alasannya yakni anda lebih pintar, lebih bakir atau lebih senior. Mereka menghormati dan menghargai anda alasannya yakni perlakuan anda kepada mereka.

Jaga Komunikasi
Ketika anda mendapatkan kritikan yang membangun, cobalah bersikap terbuka alasannya yakni ini demi kebaikan anda, bukan malah menjaga jarak. Begitu juga sebaliknya ketika anda menemukan kesalahan rekan kerja anda cobalah memperlihatkan kritik dengan bahasa sopan dan santun. Saling mengingatkan dan memotivasi akan membuat hubungan yang lebih serasi dengan rekan kerja anda. Salah satu cara untuk menghormati mereka yakni berkomunikasi dengan baik. Artinya, Anda harus bisa bersikap terbuka dengan rekan kerja. Tidak hanya untuk mendapatkan kritik, tapi juga untuk mendengarkan pendapat.

Pujian dan Pengakuan
Tidak salah kalau seorang atasan memperlihatkan kebanggaan kepada bawahannya yang berkinerja baik. Rekan kerja akan merasa dihormati kalau sesekali Anda memperlihatkan kebanggaan dikala mereka berhasil melaksanakan sesuatu, hal ini akan memperlihatkan mereka motivasi untuk bekerja lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar